01 September 2008

Kenalan dengan Epi Info

Sudah kenal Epi Info™? Software ini telah beredar luas di kalangan ahli kesehatan masyarakat sebagai alat bantu yang ampuh untuk membuat form/kuisioner, mengatur proses pemasukan data, sampai analisa data. Epi info menggunakan kode-kode sederhana seperti READ, FREQ, LIST, TABLES, GRAPH, dan MAP untuk menangani tugas-tugas statistik dan membuat tabel, grafik, serta peta. Hebatnya, Epi Info™ ini merupakan paket software public domain, sehingga baik program, dokumentasi, maupun bahan pembelajarannya dapat secara bebas disalin, didistribusikan, dan dialihbahasakan.


Saat ini versi terbaru Epi Info™ ialah 3.5.1 yang dirilis sehari setelah HUT Kemerdekaan RI yang lalu. Mulai versi 3.5, untuk menginstall Epi Info™ diperlukan Window XP Service Pack 3 bagi penguna Windows XP atau DHTLM Editing Control bagi pengguna Windows Vista. Installer Epi Info 3.5.1 dapat di download di sini.

Saya sendiri memiliki pengalaman manis dengan Epi Info. Ketika mengerjakan tesis beberapa waktu yang lalu, software ini sangat membantu, terutama dalam proses input data. Dengan membuat kuisioner dan memberikan beberapa mekanisme konfirmasi, proses input data menjadi lebih cepat dan dapat meminimalisasi kesalahan.

2 comments:

  1. saya baru kenal dengan EPI Info minggu22 ini, tetapi baru bisa menggunakannya untuk membuat peta/map, kesulitan yang saya hadapi adalah bagaimana menginput data ke peta/map. klaau tidak kebertan mohon bantuannya.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. di EpiMap ada tools Map Manager... Nah u menambahkan peta menggunakan tools tersebut. Pilih tombol Add Layer u menambahkan peta...

    ReplyDelete