02 September 2008

Bisa Apa dengan Epi Info?

Epi Info™ pada dasarnya memang program gratisan yang cuaanggih suangaat. Program Epi Info™ ini dibagi dalam lima modul inti, yakni Make View, Enter Data, Analysis, Epi Map, dan Epi Report. Setiap modul dapat berjalan sendiri. Biasanya untuk suatu proyek, setiap modul digunakan bergantian sejak awal hingga selesai, sesuai dengan fungsi yang diperlukan.

Tampilan Muka Epi Info™ versi 3.5

  1. Modul Make View digunakan untuk mendesain kuisioner. Suatu proyek biasanya dimulai dengan menggunakan Modul Make View, yakni untuk menyusun form atau kuisioner survei, sekaligus secara otomatis membuat basis data.
  2. Modul Enter Data digunakan untuk memasukkan informasi yang diperoleh dari hasil survei ke dalam basis data. Data yang dimasukkan melalui form atau kuisioner ini akan dimasukkan ke dalam Modul Analysis untuk studi selanjutnya.
  3. Modul Analysis merupakan program untuk melakukan analisis statistik dan laporan, serta membuat grafik, dari data yang telah dimasukkan melalui Modul Enter Data.
  4. Modul Epi Map digunakan untuk membuat peta sistem informasi geografis dan menumpangsusunkan data survei pada peta tersebut. Dengan kata lain, data akan diplotkan di dalam Modul Epi Map.
  5. Modul yang terakhir, yakni Modul Epi Report digunakan untuk menyusun presentasi dari hasil temuan. Modul Epi Report memungkinkan pengguna mengkombinasikan keluaran hasil dari Modul Analysis, Modul Enter data dan data lain yang terdapat di dalam server Access atau SQL, serta menyajikannya dalam format yang profesional. Laporan yang dihasilkan dari Modul Epi Report dapat disajikan dalam bentuk file HTML untuk mempermudah distribusinya dalam bentuk halaman web.
Terimakasih kepada pengembang Epi Info™, untuk softwarenya yang sangat mengagumkan...

4 comments:

  1. Untuk make Epi map, mesti make GPS juga g mas?

    Thanks
    INDRI-Semarang

    ReplyDelete
  2. Tidak harus pakai GPS... Stahu Sy EpiMap tidak ada fasilitas untuk membuat titik ikat seperti Register and Transform di ArcView. Btw, klo mau pakai GPS bisa. Nanti untuk mengetahui koordinat suatu titik lokasi. Setelah itu titik tsb bisa dimasukkan di file SHP yang sudah punya titik ikat. Untuk yg ini EpiMap bisa digunakan. Begitu Oke...

    ReplyDelete
  3. Dapatkan kami memperoleh copy modul tersebut? Berapa pengganti ongkos cetak dan kirim ke Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar Dan Rujukan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Jl. dr.Muwardi No. 66 Sukoharjo, Jateng
    email : yandassukoharjo@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Copy modul bisa di download di alamat ini Pak...
    http://www.buku-e.lipi.go.id/

    ReplyDelete